Logo Bloomberg Technoz

Hadir sebagai salah satu narasumber Green Initiative Conference 2024, Direktur Utama BRI, Sunarso, menjelaskan tentang tanggung jawab seorang CEO dalam menciptakan nilai (value) yang berkelanjutan bagi perusahaan. Menurutnya, nilai yang harus diciptakan sangat bergantung pada Key Performance Indicator (KPI) yang ditetapkan oleh pemegang saham. 

Sunarso mengatakan bahwa keberhasilan perusahaan tidak hanya diukur dari kinerja keuangan, tetapi juga dari dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan.

"Saya diminta untuk create value yang disebut economic value. Ya saya arahkan visi saya untuk meng-create economic value di BRI yang biasanya direpresentasikan dari kinerja keuangan,” kata Sunarso.

Ia menjelaskan BRI juga memiliki KPI yang mencakup ekonomi dan sosial. BRI ditugaskan untuk menghasilkan kinerja keuangan yang baik, termasuk membayar pajak dan memberikan dividen kepada pemegang saham, tetapi sekaligus juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan menciptakan dampak sosial yang positif. “Kita akan menempatkan value dari semuanya ini beyond profit. Jadi mungkin saya taruh value yang di atas itu adalah sustainability,” pungkasnya.

Dok: BRI

(tim)

No more pages