Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, Ukraina belum mengkonfirmasi kerusakan pada target-target militer dari serangan hari Jumat (27/09/2024). Namun, setidaknya tiga orang tewas dalam serangan Rusia terhadap pelabuhan Sungai Danube, dan empat orang tewas akibat serangan terhadap fasilitas polisi di Kryvyi Rih, wilayah Dnipro.

Pasukan Ukraina terus melancarkan serangan drone terhadap depot bahan bakar, amunisi, dan pangkalan udara Rusia, serta menembaki wilayah perbatasan. Kyiv juga meminta sekutu Barat untuk menyediakan senjata jarak jauh guna menyerang lebih dalam ke wilayah Rusia, termasuk pangkalan udara. Namun, para sekutu masih ragu memenuhi permintaan ini, meskipun menjadi salah satu topik yang dibahas oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam kunjungannya ke New York dan Washington pekan ini.

Di wilayah Belgorod, Rusia, enam warga sipil terluka akibat serangan Ukraina semalam, menurut otoritas setempat.

Pertempuran di Vuhledar

Di Vuhledar, populasi sipil yang sebelum perang berjumlah sekitar 15.000 orang kini hanya tersisa beberapa ratus akibat serangan Rusia yang terus meningkat sejak 2022 dan memuncak lagi bulan ini.

Kota pertambangan batu bara ini memiliki posisi strategis karena terletak di dataran tinggi, yang dapat memberikan keuntungan militer bagi pasukan Kremlin dalam upaya mereka menguasai wilayah timur Ukraina.

Pasukan Kremlin "telah mencapai pinggiran Vuhledar di tengah apa yang tampaknya merupakan dorongan ofensif yang intensif," menurut informasi terbaru dari Institut Studi Perang (ISW) yang berbasis di AS. ISW menambahkan, meskipun Rusia mungkin berhasil merebut kota ini, "keberhasilan tersebut tidak akan secara signifikan mengubah jalannya operasi militer" di wilayah tersebut.

(bbn)

No more pages