Logo Bloomberg Technoz

Rusia Gempur Klinik Medis di Ukraina, 9 Orang Tewas 12 Luka-luka

News
28 September 2024 20:30

Invasi Rusia di Ukraina (Dok: Bloomberg)
Invasi Rusia di Ukraina (Dok: Bloomberg)

Volodymyr Verbianyi - Bloomberg News

Bloomberg, Setidaknya sembilan orang tewas dan 12 lainnya terluka akibat serangan udara Rusia yang menghantam klinik medis di kota Sumy, Ukraina utara, kata administrasi militer setempat melalui Telegram.

Di tempat terpisah, pertempuran sengit terus berlangsung di wilayah timur Donetsk, terutama di Vuhledar, di mana pasukan Ukraina berupaya mempertahankan kota tersebut.

Menurut Menteri Dalam Negeri Ukraina, Ihor Klymenko, serangan pertama di Sumy memicu evakuasi personel medis dan menyebabkan satu korban jiwa. Tak lama setelah itu, serangan kedua menyusul, dalam apa yang dikenal sebagai serangan "double-tap". Kerusakan signifikan terjadi pada unit trauma di rumah sakit tersebut. Hingga kini, pihak Rusia belum memberikan komentar terkait insiden ini.

Pasukan Rusia terus melakukan serangan intensif terhadap infrastruktur militer, listrik, dan fasilitas sipil Ukraina dengan menggunakan rudal, drone, dan bom. Kementerian Pertahanan Rusia pada Sabtu (28/09/2024) mengatakan mereka melancarkan serangan sehari sebelumnya terhadap "infrastruktur lapangan terbang" Ukraina menggunakan rudal balistik Kinzhal dan drone, menambahkan bahwa "semua target yang ditentukan telah tercapai."