Logo Bloomberg Technoz

China Latihan Militer di LCS, Berbarengan dengan AS & Sekutu

News
28 September 2024 21:00

Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)
Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China dijadwalkan melakukan latihan militer di perairan yang disengketakan di Laut China Selatan pada Sabtu (28/09/2024), bertepatan dengan rencana latihan militer bersama yang akan dilakukan oleh AS dan sekutunya. Informasi ini disampaikan oleh Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat melalui akun resmi WeChat.

Latihan militer tersebut akan melibatkan angkatan laut dan udara, yang mencakup kegiatan seperti pengintaian, peringatan dini, serta patroli laut dan udara di sekitar Pulau Huangyan, yang juga dikenal sebagai Scarborough Shoal. Pulau ini merupakan wilayah yang telah lama diklaim oleh Filipina, meskipun masih menjadi sengketa.

Pada hari yang sama, AS, Australia, Jepang, Selandia Baru, dan Filipina juga akan melakukan latihan militer di zona ekonomi eksklusif Filipina di Laut China Selatan. Latihan ini menambah ketegangan yang semakin memanas antara Beijing dan Manila, terutama terkait klaim teritorial di Laut China Selatan.

Klaim China atas sebagian besar wilayah perairan tersebut telah ditolak oleh Pengadilan Arbitrase PBB pada 2016, yang memenangkan Filipina. Namun, Beijing hingga kini menolak mengakui keputusan tersebut, yang menyebabkan hubungan kedua negara semakin tegang.