Logo Bloomberg Technoz

ADB Investasi $35 juta untuk Energi Bersih, Indonesia Kebagian

Elisa Valenta
21 April 2023 10:20

Ilustrasi pembangkit tenaga angin (Bloomberg)
Ilustrasi pembangkit tenaga angin (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asian Development Bank (ADB) mengumumkan partisipasinya dalam pendanaan senilai US$35 juta (Rp 521 miliar) untuk meningkatkan akses energi dan transisi energi di Asia Selatan dan Tenggara, termasuk Indonesia. 

Pendanaan tersebut dihimpun oleh Global Energy Alliance for People and Planet (GEAPP), sebuah aliansi filantropis yang berisikan pengusaha, pemerintah, dan pemangku kebijakan di sejumlah negara.

Kontribusi dari GEAPP diresmikan pada upacara penandatanganan di Washington, DC, oleh Managing Director General ADB Woochong Um, Chief Executive Officer GEAPP Simon Harford, dan Chief Partnerships Officer GEAPP Sundaa Bridgett-Jones.

Dana senilai $35 juta itu akan dikelola oleh ADB melalui GEAPP Energy Access and Transition Trust Fund (GEATTF) yang akan datang. Dana tersebut akan meningkatkan akses energi dan mendukung kegiatan transisi energi di Bangladesh, India, Indonesia, Pakistan, dan Vietnam.

“Kami menyambut baik dukungan dari GEAPP ini yang akan membantu ADB dalam dua prioritas terpenting kami sebagai bank iklim Asia dan Pasifik,” kata Managing Director General ADB Woochong Um dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (21/4/2023).