Logo Bloomberg Technoz

Maggie Smith, Pemeran McGonagall di Film Harry Potter Tutup Usia

Delia Arnindita Larasati
28 September 2024 14:00

Maggie Smith sebagai Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter. (Sumber: Tangkapan layar IMDB)
Maggie Smith sebagai Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter. (Sumber: Tangkapan layar IMDB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maggie Smith, aktris legendaris yang dikenal luas lewat perannya sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam film Harry Potter, meninggal dunia pada Jumat (27/09/2024) di usia 89 tahun.

Menurut pernyataan dari pihak keluarga, seperti yang dilaporkan oleh AP, Smith tutup usia pada Jumat dini hari di sebuah rumah sakit di London. "Dia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih, yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa," demikian bunyi pernyataan yang disampaikan melalui humas Clair Dobbs.

Sepanjang kariernya, Maggie Smith dikenal sebagai aktris yang piawai dan selalu mencuri perhatian dalam setiap peran yang ia mainkan. Ia meraih dua penghargaan Oscar, yakni untuk perannya dalam film The Prime of Miss Jean Brodie (1969) dan California Suite (1978). Selain itu, perannya sebagai Countess of Grantham dalam serial Downton Abbey semakin memperkuat statusnya sebagai salah satu aktris paling dicintai, sebelum semakin dikenal luas lewat karakter McGonagall dalam Harry Potter.

Berbagai penghormatan untuk Smith telah datang dari tokoh-tokoh penting, termasuk Raja Charles dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer, serta rekan-rekan seprofesinya. Raja Charles menyebut Smith sebagai "harta karun nasional", sementara Starmer menuturkan bahwa aktris tersebut "dicintai banyak orang karena bakatnya yang luar biasa."

Daniel Radcliffe, yang menjadi bintang utama dalam Harry Potter, mengenang kecerdasan dan pesona Smith yang luar biasa. "Dia adalah sosok yang sangat cerdas, memiliki lidah yang tajam, dapat mengintimidasi dan memikat sekaligus, dan yang pasti sangat lucu," ujar Radcliffe kepada Page Six. "Saya merasa sangat beruntung bisa bekerja dengannya dan menghabiskan waktu bersamanya di lokasi syuting."