Logo Bloomberg Technoz

Saham Emerging Capai Pekan Terbaik Sejak 2020, Ini Pemicunya

News
28 September 2024 09:30

Bursa saham Asia. (Dok: Bloomberg)
Bursa saham Asia. (Dok: Bloomberg)

Zijia Song dan Srinivasan Sivabalan -- Bloomberg News

Bloomberg, Saham dan mata uang pasar berkembang menutup pekan kenaikan berturut-turut pada hari Jumat. Ini dipicu langkah-langkah stimulus China dan pengukuhan kemungkinan pemangkasan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve mendukung aset-aset berisiko.

Indeks MSCI untuk saham berkembang ditutup 1% lebih tinggi, sehingga reli mingguan mencapai 6,2%, terbesar sejak November 2020. Indeks untuk mata uang berkembang naik 0,2%.

Pengukur inflasi dasar AS yang disukai The Fed, dirilis pada hari Jumat, naik moderat pada Agustus, dengan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti naik 0,1%, terendah dalam tiga bulan. Pada saat yang sama, langkah-langkah stimulus China terus meningkatkan sentimen risiko untuk pasar berkembang.

"Ini merupakan reli yang bagus dengan pengumuman stimulus Tiongkok minggu ini yang meningkatkan sentimen risiko," kata Gordian Kemen, kepala strategi kedaulatan pasar berkembang di Standard Chartered Bank. Data PCE juga membantu, meskipun dampaknya cukup kecil, tambahnya.