Logo Bloomberg Technoz

Sentimen Konsumen AS Naik ke Level Tertinggi dalam Lima Bulan

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 September 2024 11:30

Ilustrasi konsumen AS (Sumber: Bloomberg0
Ilustrasi konsumen AS (Sumber: Bloomberg0

Jarrell Dillard -- Bloomberg News

Bloomberg, Sentimen permintaan konsumen Amerika Serikat (AS) terus meningkat pada akhir September 2024, mencapai level tertinggi dalam lima bulan. Ini karena optimisme yang lebih besar terhadap ekonomi setelah pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve.

Indeks sentimen September terakhir dari University of Michigan naik menjadi 70,1 dari pembacaan awal 69 yang dirilis awal bulan ini. Angka terbaru yang dikeluarkan pada hari Jumat mengikuti indeks bulan Agustus sebesar 67,9.

Konsumen memperkirakan harga akan naik pada tingkat tahunan sebesar 2,7% selama tahun depan, terendah sejak akhir tahun 2020 dan turun dari 2,8% yang diharapkan bulan lalu. Mereka memperkirakan inflasi naik 3,1% selama lima hingga 10 tahun ke depan.

Peningkatan sentimen tersebut menyusul keputusan para pembuat kebijakan Fed pada 18 September untuk menurunkan suku bunga hingga 50 basispoin karena mereka berjaga-jaga terhadap kemerosotan di pasar kerja. Pengurangan lebih lanjut dalam biaya pinjaman membantu mendukung pandangan konsumen terhadap ekonomi dan keuangan pribadi mereka.