Logo Bloomberg Technoz

Saham AS Sepekan: Menguat Dipicu Optimisme Suku Bunga The Fed

News
28 September 2024 09:00

Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)

Rheaa Rao dan Emily Graffeo -- Bloomberg News 

Bloomberg, Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat selama tiga pekan berturut-turut — meskipun lesu pada hari Jumat — karena investor berulang kali diyakinkan bahwa ekonomi sedang mendingin tanpa jatuh dari tebing.

Obligasi pemerintah menguat karena data memperkuat taruhan pemangkasan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve. Imbal hasil lebih rendah di seluruh kurva, dengan suku bunga 10 tahun berkisar sekitar 3,75%. Indeks Spot Dolar Bloomberg turun selama empat minggu.

Ukuran inflasi dasar AS yang disukai The Fed naik tipis pada bulan Agustus, seperti halnya belanja konsumen yang disesuaikan dengan inflasi. Angka-angka tersebut mengonfirmasi apa yang telah diketahui para pelaku pasar tentang kesehatan ekonomi setelah menguraikan serangkaian data awal minggu ini. Pembacaan sentimen konsumen AS pada hari Jumat sesuai dengan optimisme tersebut.

Komentar dari pejabat Fed dalam lima hari terakhir tidak banyak memengaruhi persepsi yang ada tentang lintasan bank sentral. Pada hari Jumat, Presiden Fed St. Louis Alberto Musalem mengatakan bahwa ia mendukung penurunan suku bunga 'secara bertahap' setelah pemotongan besar minggu lalu.