Logo Bloomberg Technoz

BI Rate Turun, Bunga Kredit Diramal Baru Turun 4 Bulan Kemudian

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 September 2024 07:30

Ilustrasi Suku Bunga (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Suku Bunga (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Bank Permata Josua Pardede memprediksi transmisi penurunan suku bunga acuan atau BI Rate terhadap penurunan suku bunga kredit baru terjadi pada bulan keempat setelah pelonggaran moneter itu dilakukan.

“Kalau kondisi likuiditas [bank] ke depan ini tetap ample ataupun memadai, mestinya kurang lebih mungkin ya, saya ngomong mungkin 3-4 bulan lah paling cepat, sampai dengan suku bunga kredit,” tutur Josua saat ditemui di Serang, Banten, dikutip Sabtu (28/9/2024).

Josua menyebut, secara teori dan historikal saat BI Rate turun maka mempengaruhi suku bunga pasar uang perbankan. Setelah itu, baru akan mempengaruhi suku bunga deposito dalam jangka waktu 1 bulan.

“Namun berdasarkan regulasi kita [perbankan] memang perlu memberikan informasi ya, kepada deposan bahwa akan menurunkan suku bunga depositonya, nah itu biasanya di angka waktu 1 bulan, jadi memang kalau casa, giro sama tabungan itu langsung, biasanya bisa langsung cepat, deposito mungkin agak sebulan,” kata Josua.

Setelah itu, penurunan suku bunga deposito akan mempengaruhi penurunan suku bunga kredit. Namun, penurunan ini akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, pertama kondisi likuiditas dari bank itu. Kedua, kondisi kredit atau tingkat Non Performing Loan (NPL) bank tersebut.