Logo Bloomberg Technoz

Inflasi PCE AS Agustus Melambat, Pengeluaran Konsumen Naik Tipis

27 September 2024 21:00

Inflasi AS. (Dok: Bloomberg)
Inflasi AS. (Dok: Bloomberg)

Matthew Boesler - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks inflasi dasar AS dan pengeluaran rumah tangga yang disukai bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) naik sedikit pada Agustus. Hal ini menggarisbawahi perekonomian yang mendingin.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti (core personal consumption expenditures/PCE), yang mengesampingkan makanan dan energi, hanya naik 0,1% dari Juli, menurut data Biro Analisis Ekonomi yang dirilis Jumat (27/09/2024). Ini merupakan kenaikan terkecil dalam tiga bulan. Secara tahunan dalam tiga bulan terakhir, indeks ini naik 2,1%, sesuai dengan target bank sentral.

Pengeluaran konsumen juga naik 0,1% setelah disesuaikan dengan inflasi, sementara pendapatan pribadi nominal meningkat 0,2%. Tingkat tabungan turun menjadi 4,8%.

Imbal hasil Treasury dan nilai dolar menurun, seiring dengan ekspektasi bahwa data ini akan membuat The Fed berada di jalur untuk melanjutkan penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. Namun, perdebatan masih berlangsung mengenai seberapa besar pengurangan suku bunga yang diperlukan. The Fed memulai siklus pelonggaran dengan pemotongan suku bunga setengah poin bulan ini, dan investor terbagi pendapatnya apakah langkah serupa akan diambil pada November.

Inflasi PCE Amerika Serikat. (Sumber: Bloomberg)