Logo Bloomberg Technoz

Pertemukan Arsjad dan Anindya, Bahlil Sebut Kadin Hanya Satu

Redaksi
27 September 2024 19:34

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia pertemukan dua ketua Kadin yang berseteru, Arsjad Rasyid dan Anindya Bakrie. (Instagram @melangkahdaritimur.id)
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia pertemukan dua ketua Kadin yang berseteru, Arsjad Rasyid dan Anindya Bakrie. (Instagram @melangkahdaritimur.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia mempertemukan dua ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) yang selama ini berseteru yaitu Arsjad Rasyid dan Anindya Bakrie. 

Dualisme pada Kadin muncul usai bergulirnya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang memilih Anindya sebagai ketua umum untuk periode 2024-2026, Sabtu (14/9/2024). Munaslub tersebut sekaligus menggoyang kepemimpinan Arsjad Rasyid yang menjabat ketua umum Kadin periode 2021-2026.

"Hari ini saya bertemu dengan dua sahabat saya, pak Arsjad dan pak Anin. Dan, dua-duanya sudah insaf untuk menjalankan organisasi [Kadin] yang baik," kata Bahlil dalam unggahannya di Instagram, Jumat (27/9/2024).

"Mereka berdua sudah paten, sudah kami ketemu, sudah saling memaafkan."

Menurut Bahlil, Arsjad dan Anindya adalah dua orang sahabat. Namun keduanya terlibat dalam perselisihan dualisme karena adanya sejumlah kepentingan. 
Munaslub Anindya sendiri kabarnya lahir sebagai kekecewaan atas Arsjad yang sempat menjadi ketua tim pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kadin dinilai harus dipimpin sosok yang berada pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.