Logo Bloomberg Technoz

Paripurna Terakhir DPR, Sahkan RUU dan Hasil Pansus Haji

Mis Fransiska Dewi
27 September 2024 18:40

Anggota Pansus Angket Haji Luluk Nur Hamidah menunjukkan kosongnya ruang rapat di DPR imbas demo tolak RUU Pilkada. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Anggota Pansus Angket Haji Luluk Nur Hamidah menunjukkan kosongnya ruang rapat di DPR imbas demo tolak RUU Pilkada. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029 akan menggelar sidang paripurna terakhir pada masa jabatannya, Senin depan (30/9/20240. Para anggota legislatif ini pun masih akan mengambil sejumlah keputusan strategis yang telah dibahas pada sisa masa jabatannya.

Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan, sidang paripurna terakhir akan mengesahkan 79 rancangan undang-undang tentang kabupaten dan kota. Mereka juga akan mengesahkan lima RUU tentang kerja sama pertahanan dengan negara asing.

Selain itu, paripurna terakhir akan menjadi kesempatan bagi sejumlah panitia khusus atau pansus melaporkan hasil temuan atau rekomendasinya. Hal ini termasuk Pansus Hak Angket Penyelenggaraan Haji atau Pansus Haji.

“Menyelesaikan hal-hal yang nantinya harus ditindaklanjuti oleh anggota atau pimpinan baru DPR di periode selanjutnya.  Dan menyelesaikan juga hal-hal yang baru bisa diselesaikan pada tanggal 30 September yang akan datang,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jumat (27/9/2024). 

Dia mengakui, DPR periode 2019-2024 masih memiliki sejumlah kekurangan dalam menjalankan tugasnya. Dia menilai, seluruh catatan evaluasi tersebut akan diperbaiki dan anggota DPR periode 2024-2029.