Logo Bloomberg Technoz

RI Rancang Hilirisasi Industri Kelapa, Potensinya Rp89 T

Pramesti Regita Cindy
27 September 2024 18:00

Ilustrasi Air Kelapa (Envato/BLACKDAY)
Ilustrasi Air Kelapa (Envato/BLACKDAY)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyiapkan peta jalan hilirisasi industri kelapa, sebagai bagian dari strategi pembangunan jangka panjang Indonesia.

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 59 Tahun 2024 tentang Perencanaan Pembangunan 2025—2045, yang menetapkan hilirisasi industri sebagai motor penggerak ekonomi.

Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Infrastruktur Kementerian PPN/Bappenas, Teguh Sambodo, menyebut sejumlah tantangan tantangan utama yang dihadapi untuk misi hilirisasi kelapa adalah rendahnya produktivitas, mayoritas pengelolaan konvensional oleh petani, serta banyaknya tanaman kelapa yang sudah tua dan rusak.

Saat ini, Indonesia hanya mampu memproduksi 1 juta ton benih kelapa per tahun, jauh dari kebutuhan 41 juta ton.

"Potensinya kalau semuanya memproduksi, itu bisa 9 juta [ton per tahun], tetapi ternyata butuhnya 41 juta ton. Jadi jauh sekali ya, antara kemampuan dan juga untuk produksi benih, dan pemerintah pun kalau mau membantu itu tidak bisa semuanya, dari 378.000 hektare yang mau dibutuhkan untuk diremasakkan ini bisa ditanggung pemerintah," kata Teguh ketika ditemui d Media Briefing Peta Jalan Kelapa, Jumat (27/9/2024).