Logo Bloomberg Technoz

Harga Obligasi Terkoreksi, Penurunan Bunga SRBI Melambat

Redaksi
27 September 2024 14:35

Bank Indonesia (BI). (Graham Crouch/Bloomberg)
Bank Indonesia (BI). (Graham Crouch/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penurunan tingkat suku bunga Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dalam lelang mingguan melambat. Perlambatan penurunan bunga diskonto instrumen tenor pendek itu berlangsung di tengah kenaikan imbal hasil surat utang negara dalam beberapa hari terakhir.

Mengacu data Bank Indonesia, lelang SRBI pekan ini yang digelar pagi tadi mencatat penurunan penawaran masuk dari para investor peserta lelang. Incoming bids dalam lelang hanya tercatat sebesar Rp22,06 triliun, turun dibanding lelang sebelumnya yang mencapai Rp46,04 triliun. 

Minat yang lebih kecil itu bersamaan dengan penawaran bunga diskonto yang sebenarnya lebih rendah, seiring kurva imbal hasil di pasar surat berharga negara yang sudah turun drastis pasca keputusan Bank Indonesia memangkas bunga acuan pekan lalu.

Bila dalam lelang Jumat sebelumnya, investor menawarkan bunga diskonto untuk SRBI-12M sebesar 6,70%-7,13%, maka dalam lelang hari ini penawaran imbal hasil makin rendah di kisaran 6,75%-6,90%. Sementara rata-rata rate penawaran untuk tenor terpanjang itu mencapai 6,81%, sedikit turun dibanding sebelumnya di 6,89%.

Alhasil, BI akhirnya juga memenangkan penawaran di tingkat bunga diskonto yang tidak terlalu jauh dari sana. Untuk tenor terpanjang SRBI-12M, bunga diskonto dimenangkan di 6,80%, dari sebesar 6,84% pada lelang sebelumnya.