Logo Bloomberg Technoz

Shigeru Ishiba Terpilih Pimpin LDP, Gantikan PM Jepang Kishida

News
27 September 2024 15:00

Shigeru Ishiba (Fotografer: Toru Hanai/Bloomberg)
Shigeru Ishiba (Fotografer: Toru Hanai/Bloomberg)

Alastair Gale dan Yuki Hagiwara - Bloomberg News

Bloomberg, Partai berkuasa Jepang, Partai Demokrat Liberal (Liberal Democratic Party/LDP), telah memilih Shigeru Ishiba sebagai pemimpin baru. Hal ini menandai langkah yang berpotensi meningkatkan ketegangan dengan China.

Ishiba, yang berusia 67 tahun dan merupakan veteran partai dengan berbagai pengalaman, termasuk menjabat sebagai menteri pertahanan, mengalahkan Sanae Takaichi dalam putaran kedua pemilihan kepemimpinan. Ia mendapat dukungan kuat dari anggota tingkat rendah.

Ishiba telah mendukung upaya bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) untuk memperketat kebijakan moneter dan menekankan perlunya pengembangan ekonomi regional guna mengatasi masalah depopulasi di daerah pedesaan melalui pengeluaran pemerintah. Setelah hasil pemilihan diumumkan, nilai yen melonjak, menguat menjadi 143,34 per dolar setelah sebelumnya melemah karena harapan Takaichi yang mendukung pelonggaran bank sentral.

Selama kampanye, Ishiba menekankan pentingnya meningkatkan kemampuan pertahanan Jepang dan mengusulkan pembentukan perjanjian keamanan kolektif bergaya "NATO Asia" untuk mencegah agresi dari negara-negara seperti China dan Korea Utara.