Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Bakal Terus Nyungsep, Ada 'Algojo' yang Bikin Turun

News
27 September 2024 13:50

Pengeboran minyak.
Pengeboran minyak.

Alex Longley & Devika Krishna Kumar - Bloomberg News

Bloomberg, Dalam beberapa minggu terakhir, para spekulan bertaruh terkait harga minyak yang diproyeksikan tidak seperti era sebelumnya. 

Pandangan tersebut berdasarkan perkiraan peningkatan produksi di luar produsen yang tergabung dalam OPEC+ akan menciptakan kelebihan pasokan minyak mentah tahun depan. Kekhawatiran pelemahan industri global juga membayangi pasar, hal ini tampak dari spekulasi yang signifikan terhadap harga minyak diesel. 

Kecenderungan spekulasi harga minyak turun, yang ditunjukkan dari lebih banyak taruhan bearish dibandingkan ketika OPEC memulai perang harga pada awal pandemi Covid, menunjukkan pergeseran pasar yang lebih dalam. Investor yang memiliki konktrak minyak, yang tujuannya berlindung dari inflasi, mulai lenyap. Para trader yang biasanya bebas melakukan keputusan investasi takut membeli minyak mentah padahal tren harga sedang turun. 

Mundurnya para investor dari minyak membuat para penasihat perdagangan komoditas, alokasi dana yang mengikuti tren dan transaksi sebagian besar berdasarkan indikator teknikal, menjadi semakin terkenal dan membangun posisi short yang besar.