Logo Bloomberg Technoz

Komponen Bermasalah, Boeing 737 Terancam Gangguan Sistem Kemudi

News
27 September 2024 11:50

Pesawat Alaska Airlines Boeing 737 Max-9 dilarang terbang di Bandara Internasional Los Angeles (LAX)./Bloomberg-Eric Thayer
Pesawat Alaska Airlines Boeing 737 Max-9 dilarang terbang di Bandara Internasional Los Angeles (LAX)./Bloomberg-Eric Thayer

Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (National Transportation Safety Board/NTSB) memperingatkan adanya risiko serius pada beberapa pesawat Boeing 737 akibat komponen rusak yang dapat menyebabkan sistem kontrol kemudi macet.

NTSB mengatakan, sekitar 350 suku cadang yang dipasok oleh Collins Aerospace, unit dari RTX Corp, teridentifikasi bermasalah dan dipasang pada beberapa pesawat Boeing 737 Max dan 737 NG. Dalam rekomendasi keselamatannya, NTSB mendesak Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration/FAA) dan Boeing untuk segera mengatasi masalah tersebut.

FAA mengatakan United Airlines adalah satu-satunya maskapai AS yang menggunakan komponen yang terpengaruh, tetapi maskapai itu kini dilaporkan telah menghentikan penggunaan suku cadang tersebut.

Menurut NTSB, masalah tersebut disebabkan oleh perakitan yang tidak tepat pada bagian bantalan tertutup dari aktuator, komponen yang mengatur sistem kemudi pesawat. Kesalahan ini membuat area yang seharusnya terlindungi menjadi rentan terhadap kelembapan, yang dapat membeku dan membatasi pergerakan kemudi.