Logo Bloomberg Technoz

BI Rate Susut, Bunga Kredit Perbankan Belum akan Ikut Turun

Sultan Ibnu Affan
27 September 2024 09:40

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom menilai langkah penurunan suku bunga acuan sejumlah bank global maupun domestik atau BI Rate belum akan terlalu berpengaruh terhadap penurunan suku bunga kredit dan deposito perbankan secara riil.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Eka Fitria mengatakan penurunan bunga kredit dan deposito teresebut masih akan bergantung pada ketersediaan likuiditas perbankan.

"Sinyal dari penurunan suku bunga global maupun yang ada di Indonesia itu akan memberikan dampak yang positif. Namun kita juga harus perhatikan kondisi likuiditas pasar pada saat ini," ujar Eka dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat (27/9/2024).

Eka mengatakan, untuk memperkuat likuiditas perbankan itu, pemerintah perlu mengakselerasi belanja dan sejumlah instrumen yang jatuh tempo pada November dan Desember tahun ini.

Jika hal tersebut dapat dijaga, kata Eka, maka dipastikan akan menambah likuiditas perbankan, yang akan berimplikasi mempercepat terhadap penurunan suku bunga kredit maupun deposito bank, begitupun sebaliknya.