Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Tokyo Rendah, Nikkei Hijau Kala Yen Turun Terdalam

Tim Riset Bloomberg Technoz
27 September 2024 08:00

Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa saham Asia mengawali perdagangan pada hari terakhir pekan ini dengan bersemangat. Indeks saham di Jepang, Nikkei 225, dibuka menguat 0,47% pasca data inflasi Tokyo diumumkan mereda terbantu oleh pengucuran subsidi energi.

Sementara indeks Topix Jepang dibuka melemah dengan penurunan 0,14% pagi ini. Tekanan pembukaan di awal transaksi juga melanda indeks Kosdaq Korea Selatan yang turun 0,19% pagi ini. Sementara indeks saham Korsel lainnya, Kospi Index berhasil dibuka naik 0,11%.

Sentimen positif sejatinya masih melingkupi pasar saham Asia pasca keputusan otoritas China mengucurkan paket stimulus moneter untuk membangkitkan perekonomian negara itu.

Kemarin, bursa saham di Tiongkok dan Hong Kong mencetak rekor penguatan hingga ditutup naik lebih dari 4%. Sentimen dari data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang kuat dan menunjukkan kebangkitan pascapandemi, juga menaikkan optimisme para pelaku pasar.

Para pemimpin tertinggi China juga menjanjikan akan lebih banyak mendorong belanja fiskal, langkah-langkah untuk menstabilkan sektor properti dan penurunan suku bunga yang "kuat", yang menandakan kebutuhan besar untuk membendung perlambatan pertumbuhan.

Artikel Terkait