Logo Bloomberg Technoz

Northvolt Pernah Jadi Asa Industri Baterai Eropa, Kini Gagal

News
26 September 2024 19:30

Produsen baterai Northvolt.
Produsen baterai Northvolt.

Kati Pohjanpalo, Charles Daly dan Jonas Ekblom—Bloomberg News

Bloomberg, Northvolt AB seharusnya menjadi kekuatan bagi Eropa untuk merespons perusahaan-perusahaan seperti Tesla Inc dan pembuat kendaraan listrik asal China yang tumbuh pesat.  Sayangnya perusahaan baterai asal Swedia ini justru masih terus berjuang untuk tetap bertahan.

Northvolt menghadapi krisis likuiditas yang menghancurkan. Para kreditor perusahaan akan bertemu hari Jumat untuk memutuskan membebaskan dana yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Pada hari Kamis, Harald Mix, pendiri dan pemilik 7,2% saham Northvolt, mengatakan bahwa ia berencana memberikan modal baru kepada perusahaan, dengan menunjuk pada “peran penting” yang dimainkan Northvolt dalam persaingan di Eropa. 

Menggelontorkan dana tunai karena berjuang untuk mengirimkan baterai yang dijanjikan kepada pelanggan, Northvolt minggu ini mengatakan bahwa mereka memecat seperlima dari staf globalnya dan menangguhkan perluasan pabrik utamanya di Swedia utara. Dengan booming baterai di Eropa yang berubah menjadi krisis, lebih banyak rasa sakit mungkin akan segera terjadi.

Artikel Terkait