Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Sebut Indonesia Ikut Uji Tiga Vaksin TBC

Dinda Decembria
26 September 2024 19:00

Ilustrasi TBC (Dok. Unsplash)
Ilustrasi TBC (Dok. Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia tercatat ikut dalam rencana uji tiga jenis vaksin TBC. Keikutsertaan ini diklaim sebagai upaya Indonesia untuk mengentaskan penyakit tuberkulosis ke tingkat nol pada 2030.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah memang tak bisa mencapai target jika hanya berhenti pada tahap diskusi dan pembahasan. Indonesia harus ikut dalam upaya berani dan agresif, termasuk berperan dalam proses pengembangan vaksin TBC.

“Kita akan mendengar kabar terkini mengenai 15 uji klinis vaksin TBC yang sedang berlangsung di seluruh dunia,” ujar Budi, Kamis (26/9/2024).

Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus TBC terbanyak nomor dua di dunia. Sebelumnya, Indonesia sempat tak bisa ikut dalam uji coba vaksin TB multisenter karena terbentur aturan hukum.

“Namun, kami telah bekerja keras untuk menyelesaikan masalah yang sudah berlangsung lama ini, menghilangkan hambatan untuk memungkinkan kolaborasi yang lebih luas dalam penelitian klinis,” ujar Budi.