Logo Bloomberg Technoz

Pilih Potong Gaji, Karyawan Kini Lebih Butuh Kerja Di Mana Saja

Redaksi
26 September 2024 16:20

Ilustrasi suasana ruang kerja tradisional. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi suasana ruang kerja tradisional. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah survei menyatakan bahwa karyawan berpengetahuan (knowledge workers) rela mendapatkan kompensasi gaji lebih kecil demi bisa bekerja dimanapun.

Dalam riset terbaru Hewlett Packard (HP) Work Relationship Index (WRI) 2024 disebutkan bahwa dua pertiga knowledge workers mau pengalaman kerja yang dipersonalisasi dimana 87% bersedia kehilangan sedikit gajinya demi hal tersebut.

Kajian analisi yang tertuang dalam WRI, salah satunya menitikberatkan pengalaman kerja yang lebih personal (personalized work experience). Dengan bekerja dimanapun membuat hubungan karyawan dan peran di perusahaan menjadi lebih sehat.

Indikator kausalitas diantaranya kehidupan pribadi, kemampuan, tool, ruang kerja, dan ekspektasi mereka kepada bos. Studi yang dilakukan kali kedua ini mensurvei 15.600 responden dari berbagai industri di 12 negara ini mengungkapkan bahwa pekerjaan masih belum benar-benar bekerja. 

Terdapat 28% dari knowledge workers yang memiliki hubungan yang sehat dengan pekerjaannya. Angka ini meningkat satu poin dibandingkan dengan temuan tahun lalu.