Logo Bloomberg Technoz

Vishal Sikka, pendiri dan CEO Vianai Systems Inc juga meninggalkan dewan direksi, mengurangi jumlah anggota dewan direksi menjadi 13 orang dari sebelumnya 15 orang. 

Perwakilan Ampere mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengomentari pengajuan perusahaan lain, sementara Oracle tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Penampakan perangkat cip. (Bloomberg)

Ampere sedang menjajaki potensi penjualan dan tidak lagi mengejar penawaran umum perdana dalam waktu dekat, orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Bloomberg minggu lalu.

Ampere telah memelopori pasar untuk prosesor server, teknologi yang dibuat Arm Holdings Plc dan mendominasi smartphone.

Ampere telah mengumumkan bahwa beberapa penyedia cloud computing terbesar - termasuk Microsoft Corp dan Google milik Alphabet Inc menggunakan prosesornya.

Meski begitu, seperti halnya semua perusahaan cip yang berlomba-lomba mendapatkan pesanan dari pembeli terbesar komponen pusat data, Ampere juga bersaing dengan upaya pengembangan semikonduktor internal karena bisnis-bisnis tersebut ingin mengurangi ketergantungan mereka pada teknologi dari luar.

Oracle mengatakan telah mengurangi pembelian cip Ampere. Perusahaan melakukan pemesanan prabayar US$104,1 juta pada tahun fiskal 2023 untuk prosesor Ampere. Selama periode itu, ia membeli US$4,7 juta secara langsung dan US$43,2 juta secara tidak langsung, menurut pengisian.

Pada tahun fiskal 2024, mereka membeli US$3 juta secara langsung dan tidak ada di pasar. Oracle mengatakan bahwa mereka memiliki sekitar US$101,1 juta yang tersisa di bawah pembayaran di muka.

Mengenai kepemilikannya di Ampere, Oracle melaporkan bahwa “total nilai tercatat investasi kami di Ampere, setelah memperhitungkan kerugian berdasarkan metode akuntansi ekuitas, adalah US$1,5 miliar per 31 Mei.”

(bbn)

No more pages

Artikel Terkait