Logo Bloomberg Technoz

Antrean di Ciwandan Padat Mengular Berjam-jam, Menhub Evaluasi

Ezra Sihite
20 April 2023 18:09

Pemudik akan menyeberang ke Bakauheni Lampung (Dok. Kemenhub)
Pemudik akan menyeberang ke Bakauheni Lampung (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Antrean kendaraan bermotor khususnya roda dua dan truk angkutan mengular panjang menuju dan di Pelabuhan Ciwandan. Hal tersebut terjadi pada pagi hingga siang pada Kamis (20/4/2023). Ribuan pemotor yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten bahkan ada yang sudah mengantre mulai Kamis dini hari. 

Keluhan panjangnya antrean dan padatnya Pelabuhan Ciwandan beredar melalui foto dan video di media sosial. Pengendara mengeluhkan bisa berjam-jam lamanya baru dapat memasuki pelabuhan. Belum lagi antrean masuk ke kapal. Diketahui Pelabuhan Ciwandan merupakan sarana dan prasarana baru yang dibuka pemerintah tahun ini bagi pemotor dan truk yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan catatan soal padatnya Pelabuhan Ciwandan. Dia meminta agar kepadatan angkutan barang di Pelabuhan Ciwandan bisa diantisipasi pada waktu berikutnya. Budi berharap hal yang sama tidak terjadi.

Terjadinya antrean truk di antaranya disebabkan pelaksanaan SOP e-ticketing yang belum berjalan baik sehingga truk yang belum memiliki e-ticket dan belum waktunya boarding sudah mengantre di pelabuhan sehingga mengakibatkan kepadatan. Selain itu ada sejumlah sopir truk yang enggan diarahkan ke Pelabuhan Panjang dengan alasan lebih jauh, dirilis Kemenhub, Kamis (20/4/2023).

Namun di sisi lain, Budi mengapresiasi pengendalian arus mudik di Merak.