Logo Bloomberg Technoz

Satgas Impor Ilegal Berakhir 2024, Bakal Lanjut di Era Prabowo?

Pramesti Regita Cindy
26 September 2024 15:30

Konferensi Pers dan Pemusnahan Pakaian Bekas (Ballpress) Satgas Importasi Ilegal. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Konferensi Pers dan Pemusnahan Pakaian Bekas (Ballpress) Satgas Importasi Ilegal. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menuturkan bahwa satuan tugas (satgas) impor ilegal atau Satuan Tugas Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga akan berakhir pada akhir 2024.

Adapun, kata Zulhas, keputusan untuk memperpanjang kerja satgas impor ilegal tersebut berada di tangan pemerintahan yang akan datang di bawah kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"[Satgas sampai akhir 2024] Selesai. Iya lanjut [atau tidaknya] terserah pemerintahan baru," ungkapnya kepada awak media ketika ditemui di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/9/2024).

Di samping itu, Zulhas turut menegaskan bahwa kehadiran satgas bukanlah solusi ajek yang harus terus-menerus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan masuknya produk impor ilegal. Meski demikian, dia merasa efektivitas kerja satgas sudah cukup untuk menangani  permasalahan tersebut.

"Satgas itu kan bukan penyelesaian, cuma dia shock therapy saja, [tetapi efektivitasnya saat ini] sudah cukup, alhamdulillah," terangnya. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menggelar ekspose hasil pengawasan produk baja di Kab. Bekasi. Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)