Logo Bloomberg Technoz

Tahun Pertama Prabowo, Konsumsi Masyarakat Diramal Tumbuh 5%

Azura Yumna Ramadani Purnama
26 September 2024 14:02

Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan konsumsi rumah tangga dalam pertumbuhan ekonomi dipatok tumbuh 5% pada 2025. Komponen ini masih menjadi tumpuan ekonomi RI dengan proporsi kontribusi mencapai 53% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Noor Faisal Achmad menjelaskan terdapat sederet faktor-faktor yang menyebabkan konsumsi dapat tumbuh 5% yakni daya beli yang terjaga, inflasi terkendali, dan tenaga kerja yang diharap meningkat.

“Tentunya faktor-faktor kegiatan yang perlu kita dorong bersama ketika bicara konsumsi kita jaga daya belinya, inflasi terkendali, dan bagaimana pekerja bisa meningkat,” ujar Faisal dalam taklimat media di Serang, Banten, Rabu (25/9/2024).

Selanjutnya, konsumsi pemerintah dipatok tumbuh 5% pada tahun depan. Namun, kontribusinya terhadap PDB masih terbilang kecil yakni masih sebesar 7,4%.

Faisal menjelaskan, belanja pemerintah diarahkan agar lebih berkualitas dengan fokus pada belanja pendidikan, kesehatan, dan ketahanan pangan yang berkualitas. Selanjutnya, belanja birokrasi turut diarahkan menjadi lebih efisien dan efektif.