Logo Bloomberg Technoz

Xi Jinping Dorong Pengeluaran Fiskal di Tengah Ekonomi Melambat

News
26 September 2024 13:30

Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)
Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Xi Jinping menggelar pertemuan bulanan dengan para pemimpin tertinggi China untuk membahas kondisi ekonomi negara yang terus melambat. Dalam pertemuan tersebut, Xi menyerukan peningkatan pengeluaran fiskal, sebuah langkah yang jarang diambil dan menunjukkan kekhawatiran Beijing terkait pertumbuhan ekonomi yang melemah.

Dalam laporan yang disampaikan oleh kantor berita resmi Xinhua pada Kamis (25/09/2024), Politbiro yang beranggotakan 24 orang tersebut menegaskan komitmen mereka untuk mencapai target ekonomi tahunan. Salah satu fokus utama adalah memastikan pengeluaran fiskal yang memadai dan menstabilkan pasar properti, termasuk membatasi secara ketat pembangunan perumahan komersial baru.

Politbiro juga menyoroti pentingnya menerapkan pemotongan suku bunga dan giro wajib minimum bagi bank secara efektif, sejalan dengan kebijakan pelonggaran yang diumumkan oleh bank sentral China atau People's Bank of China (PBOC) pada minggu ini.

Biasanya, Politbiro hanya mendedikasikan sesi pada bulan April, Juli, dan Desember untuk membahas situasi ekonomi. Namun, pertemuan pada bulan September kali ini menandakan keprihatinan yang mendalam, terutama karena ekonomi China belum pulih sepenuhnya sejak pandemi COVID-19.