Logo Bloomberg Technoz

BI Diramal Pangkas BI Rate Lagi 25 bps Jadi 5,75% Oktober 2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
26 September 2024 10:24

Ilustrasi Suku Bunga (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Suku Bunga (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro memprediksi Bank Indonesia (BI) akan kembali memangkas suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin (bps) pada Oktober 2024.

Asmo menjelaskan proyeksi tersebut didasari dengan langkah Bank Sentral (AS) yang telah memangkas suku bunga acuannya lebih tinggi dari dugaan pasar yakni sebesar 50 bps.

“Paling tidak kalau untuk ahead the curve Oktober itu ada ruang kemudian memangkas suku bunga acuannya lagi sebesar 25 basis. Apalagi dengan assessment kami tingkat inflasi di domestik itu akan relatif rendah,” ujar Asmo dalam taklimat media di Serang, Banten, Rabu (25/9/2024).

Ia menjelaskan, The Fed diperkirakan masih melanjutkan pemotongan suku bunganya 50 bps pada sisa tahun ini. Menurutnya, pada November lagi masih akan ada pemangkasan Fed Fund Rate 25 bps dan selanjutnya di Desember 25 bps.

“Artinya akan ada paling tidak total 100 basis pemangkasan dari Fed Fund Rate di tahun ini. total ya termasuk dengan yang kemarin,” ujar Asmo,