Logo Bloomberg Technoz

"Jika saya didakwa, saya tidak bersalah dan saya akan melawannya dengan segenap kekuatan dan semangat saya."

Sebelumnya, pengacara Adams mengatakan bahwa investigasi yang mereka lakukan tidak menunjukkan adanya bukti tindakan ilegal yang dilakukan oleh wali kota. New York Times pertama kali melaporkan dakwaan tersebut.

Penyelidikan yang meluas terhadap Balai Kota pertama kali diketahui publik ketika agen-agen FBI menggerebek rumah seorang penggalang dana kampanye Adams pada November lalu.

Penyelidikan dipercepat dalam beberapa minggu terakhir, sehingga membuat kepala penasihat wali kota, komisaris polisi, dan rektor sekolah mengundurkan diri bulan ini, dan dua mantan pejabat pemadam kebakaran didakwa dengan tuduhan suap.

Pengawasan terhadap Adams—yang sedang mengupayakan pemilihan kembali—dan pemerintahannya telah meningkat sejak 4 September, ketika agen-agen federal menargetkan para pejabat senior.

Wakil Wali Kota Pertama Sheena Wright, Kanselir Sekolah Kota David Banks, Wakil Wali Kota untuk Keamanan Publik Philip Banks, dan Komisaris Polisi Edward Caban digeledah dan telepon genggamnya disita.

Setelah rumahnya digeledah, Caban mengundurkan diri dan mengatakan bahwa penyelidikan tersebut telah mengganggu. Banks mengumumkan rencana untuk mengundurkan diri pada akhir tahun, dan Lisa Zornberg, penasihat utama kantor wali kota, tiba-tiba berhenti pada 14 September.

Pada Rabu, Perwakilan AS Alexandria Ocasio-Cortez meminta Adams untuk mengundurkan diri, dan menjadi anggota Partai Demokrat yang paling terkemuka yang menyerukan agar wali kota mundur.

Setelah berita tentang dakwaan wali kota tersiar, beberapa anggota Kongres dari Partai Demokrat, termasuk mantan pengawas kota Scott Stringer dan Senator Negara Bagian Brooklyn Zellnor Myrie, dua anggota Kongres dari Partai Demokrat yang menantang Adams dalam pemilihan wali kota pada Juni 2025, juga menyerukan agar Adams mengundurkan diri.

"Kami membutuhkan pemimpin yang sepenuhnya fokus, tanpa gangguan, pada tantangan besar yang kami hadapi—mulai dari keterjangkauan perumahan hingga keamanan publik," ujar Myrie.

"Seorang wali kota di bawah beban dakwaan yang serius tidak bisa lagi melakukan itu—dan hari ini saya memintanya untuk mengundurkan diri."

Kasus Adams ditangani oleh kantor Jaksa AS Manhattan, Damian Williams, yang telah mengawasi beberapa penuntutan korupsi publik sejak ia ditunjuk pada tahun 2021.

Baru-baru ini, kantornya memenangkan hukuman atas Senator New Jersey Bob Menendez karena menerima suap sebagai imbalan atas bantuan politik dan bertindak sebagai agen asing untuk Mesir. 

Awal tahun ini, pengadilan banding menghidupkan kembali kasus penyuapan terhadap mantan letnan gubernur New York, Brian Benjamin, setelah hakim federal membatalkan dakwaan tersebut dalam uji coba tentang apa yang dimaksud dengan quid pro quo dalam politik.

(bbn)

No more pages