Logo Bloomberg Technoz

Vietnam Lirik Investasi Ternak Sapi di Sulteng, Buat Susu Gratis

Pramesti Regita Cindy
26 September 2024 10:20

Peternakan Sapi. (Dok Great Giant Food/GGF)
Peternakan Sapi. (Dok Great Giant Food/GGF)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Pertanian mulai membawa calon investor dari Vietnam untuk masuk ke sektor peternakan sapi perah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), sebagai bagian dari wacana pembuatan mega farm demi menunjang pengadaan susu dalam program Makan Bergizi Gratis.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerangkan rencana investasi tersebut akan berbentuk pembangunan industri sapi perah dan industri pengolahan susu, guna mengakomodasi program kebijakan Presiden Joko Widodo di bidang peternakan sekaligus program susu gratis dari presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Investornya, alhamdulillah mereka tertarik berinvestasi di Kabupaten Poso. Kami mendapatkan arahan dari Bapak Presiden dan Bapak Presiden Terpilih agar kita membangun peternakan, dairy cattle untuk produksi susu di sini," kata Amran saat meninjau lahan investasi di Napu, Poso, Sulteng, dikutip dari siaran pers Kementan, Kamis (26/9/2024).

Peternakan sapi perah./Bloomberg-Anindito Mukherjee

Lebih lanjut, Amran menuturkan, investasi ini merupakan tindak lanjut kerjasama dari hasil lawatannya beberapa waktu lalu ke Vietnam.

Substitusi Impor