Logo Bloomberg Technoz

Program Prioritas Prabowo Melonjak ke Rp121 T. Ini Penjelasannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
26 September 2024 09:10

Ilustrasi Rupiah (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Rupiah (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan anggaran program prioritas Presiden Terpilih dengan tajuk ‘Quick Win’ melonjak dari Rp113 triliun menjadi Rp121 triliun akibat penambahan program penanganan Tuberkulosis atau TBC sebesar Rp8 triliun.

Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Badan Kebijakan Fiskal (PKAPBN BKF) Kemenkeu Wahyu Utomo menjelaskan, berdasarkan pembahasan panitia kerja B di Badan Anggaran terdapat aspirasi untuk penambahan program penuntasan TBC sebesar Rp8 triliun.

“Tadinya di panja A malah masih di Rp113 triliun, itu minus yang TBC. TBC itu perkembangan terkini di panja B tambahannya Rp8 triliun untuk penuntasan TBC,” tutur Wahyu dalam taklimat media di Serang, Banten, Rabu (25/9/2024).

Ia menyatakan tambahan program tersebut memanfaatkan anggaran cadangan belanja Kementerian/Lembaga (K/L). Maka demikian, postur besar belanja K/L tak mengalami perubahan.

Wahyu menyatakan APBN 2025 disusun pada masa transisi pemerintahan sehingga fleksibilitas penganggaran menjadi salah satu aspek penting, sebab saat penyusunannya masih terdapat beberapa kelembagaan yang belum sepenuhnya terbentuk.