Logo Bloomberg Technoz

Sejauh ini, AS belum mengumumkan keputusan apa pun untuk mengizinkan serangan meskipun ada permintaan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy agar militernya diizinkan untuk melakukan serangan terhadap lapangan terbang dan instalasi militer yang lebih jauh ke dalam wilayah Rusia.

Ukraina ingin menggunakan rudal jelajah Storm Shadow milik Inggris untuk melakukan serangan, yang dipandu oleh data navigasi AS.

Putin mengeluarkan peringatannya saat para pemimpin dunia berkumpul di New York untuk menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dia mengatakan bahwa Rusia akan mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir setelah menerima informasi yang dapat dipercaya bahwa ada peluncuran besar-besaran senjata udara dan antariksa. Senjata-senjata itu pun telah melintasi perbatasan negara Rusia.

"Yang saya maksud adalah pesawat strategis dan taktis, rudal jelajah, drone, pesawat hipersonik, dan pesawat lainnya."

Rusia juga akan membela sekutunya, Belarusia, dengan senjata nuklir jika diperlukan.

Rusia terakhir kali memperbarui doktrin nuklirnya pada tahun 2020. Doktrin tersebut saat ini mengizinkan penggunaan senjata nuklir sebagai respons terhadap ancaman eksistensial, atau sebagai pembalasan atas penggunaan senjata pemusnah massal terhadap Rusia.

(bbn)

No more pages