Logo Bloomberg Technoz

Tujuan upaya ini adalah untuk mencegah pecahnya perang besar, menciptakan kondisi bagi puluhan ribu orang Israel yang terlantar untuk kembali ke utara negara mereka, dan membantu menghidupkan kembali upaya-upaya gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan di Gaza, demikian menurut orang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya karena sedang melakukan perundingan secara pribadi.

Pembicaraan yang melibatkan Washington, Israel, dan sekutu-sekutu lainnya sedang berlangsung ketika Israel menggempur target-target Hizbullah di seluruh Lebanon dengan serangan-serangan udara.

Saat kekhawatiran tumbuh di seluruh wilayah tersebut dan di ibu kota-ibu kota negara Barat, perluasan konflik Israel-Hamas yang telah lama dikhawatirkan akan terjadi.

Menurut para pejabat pemerintah Lebanon, lebih dari 600 orang, termasuk sedikitnya 50 anak-anak, telah terbunuh sejak Israel mulai membombardir Lebanon selatan dan Lembah Bekaa pada Senin (23/9/2024).

Ini adalah kekerasan terburuk di wilayah tersebut sejak perang Lebanon tahun 2006, dan mungkin tidak akan berhenti sampai di situ.

Para pejabat militer Israel telah memperingatkan kemungkinan invasi darat ke Lebanon, perkembangan yang dapat memaksa Iran untuk menyerang Israel.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah melakukan upaya yang tulus melalui diplomasi untuk menghindari eskalasi, untuk menghindari perang total," ujar duta besar Israel di PBB, Danny Danon, sebelum Barrot mengumumkan rencana 21 hari tersebut. "Kami terbuka terhadap ide-ide."

Sebelumnya pada Rabu (25/9/2024), Presiden Joe Biden membingkai proposal gencatan senjata sebagai bagian dari proses diplomatik yang dapat membantu membuka kunci untuk mengakhiri perang Israel-Hamas yang sudah berlangsung selama hampir satu tahun di Jalur Gaza—kesepakatan yang dengan gigih diupayakan oleh pemerintahannya, tapi gagal dicapai selama berbulan-bulan.

"Saya tidak ingin membesar-besarkannya, tapi ada kemungkinan, jika kita dapat mencapai gencatan senjata di Lebanon, maka hal itu dapat berlanjut ke Tepi Barat, dan juga di Gaza—dan itu mungkin saja terjadi," ujar Biden dalam wawancara saat acara The View di ABC.

Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy mendesak Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi untuk menggunakan pengaruh negaranya terhadap Hizbullah untuk menarik Lebanon kembali dari jurang, kata seseorang yang mengetahui pertemuan tersebut yang tidak mau disebutkan namanya karena membahas pembicaraan pribadi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan tiba di New York pada Kamis (26/9/2024) untuk menghadiri pertemuan tahunan Majelis Umum PBB.

Netanyahu dan penasihat utama Ron Dermer berupaya untuk mencapai solusi diplomatik atas konfrontasi militer yang semakin memanas dengan Hizbullah, yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS, menurut pejabat Israel yang tidak mau disebutkan namanya. 

Bahkan jika gencatan senjata sementara tercapai, para pejabat skeptis tentang seberapa lama kesepakatan semacam itu dapat berlangsung dan apakah akan menghasilkan penyelesaian politik jangka panjang yang didesak oleh para pejabat AS, menurut salah satu diplomat senior yang memiliki pengetahuan langsung tentang perundingan tersebut.

Namun, gencatan senjata sementara dipandang sebagai cara terbaik untuk menurunkan ketegangan sebelum keadaan menjadi tidak terkendali. Banyak sekutu kehilangan harapan pada upaya Presiden Biden yang belum terealisasi untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza, tambah diplomat tersebut.

(bbn)

No more pages