Logo Bloomberg Technoz

AS & Prancis Usulkan Gencatan 3 Minggu Israel vs Hizbullah

News
26 September 2024 08:40

558 Orang Tewas, 1800 Luka Dalam Serangan Udara Israel ke Lebanon Dua Hari Ini (Bloomberg)
558 Orang Tewas, 1800 Luka Dalam Serangan Udara Israel ke Lebanon Dua Hari Ini (Bloomberg)

Iain Marlow, Ellen Milligan, Samy Adghirni, Augusta Saraiva, dan Golnar Motevalli - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Prancis akan mengusulkan gencatan senjata selama tiga minggu antara Israel dan Hizbullah di Lebanon sebagai bagian dari upaya untuk membuka jalan bagi negosiasi dan mencegah perang habis-habisan di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Noel Barrot mengatakan rincian proposal tersebut akan segera diumumkan dan dia berencana untuk melakukan perjalanan ke Beirut pada akhir pekan ini. Ia mengumumkan rencana tersebut dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di mana para diplomat berkumpul untuk membahas konflik tersebut.

"Kami mengharapkan kedua belah pihak untuk menerimanya tanpa penundaan demi melindungi penduduk sipil dan memungkinkan dimulainya perundingan diplomatik," ujar Barrot, yang negaranya memiliki jalur komunikasi yang terbuka dengan Hizbullah.

Orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan sebelumnya bahwa pemerintahan Biden dan sekutunya bekerja sama dengan para pejabat Israel dengan tujuan menciptakan penyelesaian politik antara Israel dan kelompok yang didukung Iran itu.