Logo Bloomberg Technoz

Inovasi Digital Pertamina Raih Penghargaan di FORDIGI SUMMIT 2024


Dok: Pertamina
Dok: Pertamina

Jakarta - FORDIGI Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Forum Digital BUMN (FORDIGI) bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali digelar. Pada acara tahun ini Pertamina berhasil membawa pulang penghargaan di bidang inovasi digitalisasi.

Pertamina meraih Penghargaan Juara 3 Kategori Revenue Generation pada BUMN Technology Adaptation Award di acara FORDIGI Summit 2024. Capaian tersebut diperoleh melalui Digital Twin Project Innitiative - iSquare in Saka Energi Indonesia (PGN Saka) dari Subholding Gas. iSquare yang diimplementasikan di PGN Saka Energi merupakan teknologi untuk mendorong Pertamina mengefisiensikan aspek operasional sekaligus platform engineering pada proses bisnis hulu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Tedi Bharata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN kepada Yoke Susatyo SVP Enterprise IT Pertamina pada Rabu (25/09) di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta.

Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Erry Widiastono menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan atas inovasi digitalisasi yang berhasil dilakukan Pertamina dalam mendorong transformasi bisnis melalui adaptasi teknologi. Lebih lanjut Erry menjelaskan bahwa Pertamina sebagai BUMN pemimpin di bidang energi senantiasa aktif dalam transformasi digital, menunjukkan komitmennya dalam mengadopsi teknologi modern. Digitalisasi telah diterapkan di berbagai lini bisnis Pertamina, dari hulu hingga hilir.

"Di sektor hulu, penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah membantu meningkatkan produksi minyak. Di sektor hilir, Pertamina tengah mempersiapkan digitalisasi Fasilitas Pengisian Bahan Bakar Umum (FPPU) dan distribusi LPG berbasis AI, yang memungkinkan sistem pengaturan distribusi lebih tepat sasaran," ujarnya.