Logo Bloomberg Technoz

Ekonom Ungkap Gambaran Kemiskinan Struktural Parah di Indonesia

Muhammad Fikri
25 September 2024 20:20

Ilustrasi kemiskinan di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kemiskinan di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Media Wahyu Askar menyampaikan kondisi kemiskinan struktural yang parah di Indonesia. Temuannya tersebut disematkan dalam Laporan Ketimpangan Indonesia 2024 oleh Celios.

Media mengatakan kemiskinan struktural yang parah yang terjadi di Indonesia tergambar dari adanya cacat struktural ekonomi yang sulit dan memerlukan tahapan yang panjang untuk membenahi struktur tersebut.

“Kalau kekayaan dihitung dari banyaknya waktu orang yang bekerja, maka orang yang paling kaya di Indonesia itu sebetulnya adalah petani, nelayan, para buruh yang bekerja siang dan malam menghidupi keluarganya.” kata Media dalam peluncuran Laporan Ketimpangan Indonesia 2024, Rabu (25/9/2024)

“Artinya ada kemiskinan struktural yang parah di negeri kita hari ini. Ada cacat struktur ekonomi yang sulit dan jalan panjang untuk dibenahi,” ujar dia.

Dalam laporannya, Media mengatakan bahwa Celios telah menemukan 50 orang super kaya yang memiliki kekayaan setara dengan 50 juta masyarakat di Indonesia. Media juga mengatakan bahwa kekayaan tersebut terus bertumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.