Logo Bloomberg Technoz

Dulu Perkasa, Kini Intel Corp Dibidik Qualcomm

Redaksi
25 September 2024 18:20

Intel Corp. (Bloomberg)
Intel Corp. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Muncul kabar baru seputar Qualcomm Inc yang berniat peluang kerja sama, termasuk akuisisi, juga pengambilalihan portofolio produk dari Intel Corp.

Salah satu potensi yang sedang dalam pembicaraan adalah penyatuan lini Snapdragon dari Qualcomm dengan divisi cip PC dan pusat data Intel, bahkan membuat semiconductor powerhouse, dilansir Reuters, Rabu (25/9/2024).

Snapdragon selama ini berfokus pada produk rantai pasok ponsel pintar atau handphone.

Intel yang dulu merupakan raksasa produsen cip dunia, tengah tertatih-tatih melewati ‘badai’ kerugian. Intel masih berkutat pada penurunan penjualan, serta kehilangan peran di industri teknologi, sebelumnya dilaporkan Wall Street Journal.

Beberapa potensi kemitraan Qualcomm — Intel yang bisa disepakati kedua perusahaan:

Cip prosesor — Intel unggul dalam bidang cip seri Core untuk perangkat PC, laptop, atau Xeon versi yang lebih canggih untuk server dan workstation. Qualcomm adalah ‘raksasa’ prosesor untuk smartphone dan tablet dengan Snapdragon-nya. Intel juga memproduksi prosesor Atom untuk perangkat berdaya rendah, sementara Qualcomm telah berekspansi ke prosesor laptop dengan platform komputasinya sendiri.