Logo Bloomberg Technoz

Ditiru Sri Mulyani, Ini Strategi Korsel Lepas Middle Income Trap

Redaksi
26 September 2024 09:35

Sederet Kebijakan Pemerintahan yang Harus Dipikul Kelas Menengah (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Sederet Kebijakan Pemerintahan yang Harus Dipikul Kelas Menengah (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ingin mengadopsi strategi yang dilakukan Korea Selatan agar bisa membawa Indonesia keluar dari jebakan di status berpenghasilan menengah atau middle income trap.

Middle income trap yang dimaksud adalah situasi di mana pertumbuhan ekonomi satu negara melambat setelah mencapai status pendapatan menengah sehingga tidak bisa mencapai status negara berpengasilan tinggi.

Berbagai literatur mengatakan bahwa fenomena terjebak pada status negara berpenghasilan menengah terjadi ketika pertumbuhan ekonomi stagnan, masalah tidak kompetitif yang muncul karena upah yang lebih tinggi membuat manufaktur berbiaya rendah pun hilang. Pada akhirnya, sulit berkompetisi dengan negara berpenghasilan rendah.

Selain itu, kurang inovasi karena tergantung pada industri-industri yang sudah ada dan tidak mengembangkan sektor baru. Ada jenjang antaran pendidikan dan keahlian yaitu kekurangan tenaga kerja yang cukup untuk industri bernilai tinggai.

Tantangan-tantangan secara institusi ialah tidak ada tata kelola yang baik yang bisa meredam reformasi ekonomi dan investasi langsung, baik dari dalam maupun dari luar negeri.