Logo Bloomberg Technoz

Kemenparekraf Ungkap Desa Wisata Mulai Digemari Wisnus

Dinda Decembria
25 September 2024 16:40

Pariwisata pulau Bali. (dok Bloomberg)
Pariwisata pulau Bali. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Made Ayu Marthini mengungkap tren wisatawan nusantara (Wisnus) yang kini memiliki kecenderungan baru dalam berwisata.

"Desa wisata merupakan bagian tren baru ke alam kembali, memberikan sesuatu yang lebih kepada masyarakat jadi sekarang banyak sekali wisatawan yang justru mencari hal-hal unik yang mereka kangen gitu ya dengan masa lalu kita, masa waktu masih kecil ini, seperti sawah atau ke sungai," kata Ni Made dalam konferensi pers daring.

"Hal-hal simple seperti itu menjadi tren desa wisata karena bukan hanya untuk membantu dikelola oleh, dari, kita yang penduduk,"tambahnya.

Kemudian Ni Made mengatakan hal kedua yang juga menjadi tren sekarang justru wisatawan nusantara menghindari tempat-tempat wisata yang ramai.

"Makanya hidden game yang belum terlalu ramai, justru membuat gen z menjadi inspirasi. Dari mana inilah kekuatan sosial media, Sebetulnya makanya itu Kemenparekraf memiliki program hal itu untuk tiap tahun untuk mengajak para kadis ya kepala dinasti daerah-daerahnya untuk mendidik mempromosikan daerahnya yang memang belum dikenal. Dengan cara sosial media di-upload sehingga bisa viral istilahnya itu akan menjadi inspirasi bagi para turis atau lokal atau bisa wisatawan nusantara untuk bentuk berkunjung," jelas Ni Made.