Logo Bloomberg Technoz

Permintaan komponen cip hulu seperti desain sirkuit terintegrasi dan IP terkait dapat meningkat 30% atau lebih pada tahun 2026, memberikan tekanan pada produsen, kata Bain.

Biaya pusat data yang lebih besar dapat melonjak dari US$1–US$4 miliar saat ini menjadi antara US$10 miliar–US$25 miliar dalam lima tahun, karena kapasitasnya meningkat menjadi lebih dari gigawatt dari 50-200 megawatt saat ini, katanya.

“Perubahan ini diperkirakan akan memiliki implikasi besar pada ekosistem yang mendukung pusat data termasuk rekayasa infrastruktur, produksi listrik, dan pendinginan,” kata perusahaan konsultan tersebut.

Banyak perusahaan bergerak melampaui fase eksperimen dan mulai meningkatkan skala AI generatif di seluruh operasi mereka, kata Bain.

Model bahasa kecil (SLM), mirip dengan LLM yang mengarah pada pembuatan chatbot ChatGPT OpenAI, tetapi ringan dan efisien, dapat disukai oleh perusahaan dan negara di tengah kekhawatiran seputar biaya dan privasi data.

Pemerintah termasuk Kanada, Prancis, India, Jepang, dan Uni Emirat Arab menghabiskan miliaran dolar AS untuk mensubsidi AI yang berdaulat, berinvestasi dalam infrastruktur komputasi domestik dan model AI yang dibuat di dalam wilayah mereka dan dilatih dengan data asli. 

Meski begitu, membangun ekosistem AI yang berdaulat dan berhasil akan memakan waktu dan mahal, menurut Anne Hoecker, head of Global Technology practice Bain.

(bbn)

No more pages