Logo Bloomberg Technoz

CEO Ungkap Alasan Indodax Kena Hack, Ada Faktor Error Karyawan

Redaksi
25 September 2024 14:05

Kronologi Transaksi Kripto Mencurigakan di Indodax, Dana Aman? (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Kronologi Transaksi Kripto Mencurigakan di Indodax, Dana Aman? (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Oscar Darmawan, CEO Indodax, platform perdagangan kripto asal Indonesia, menjelaskan penyebab insiden peretasan yang dialami pada 11 September silam dengan kerugian sekitar Rp300 miliar.

Adalah salah satu staf Indodax yang mengambil pekerjaan freelance, dengan “orang ini bekerja dengan laptop kantor dan menyalahi SOP Indodax,” papar Oscar dalam sebuah kesempatan di Jakarta, awal pekan ini. “Ternyata pekerjaan freelance ini hanya kedok untuk menyusupi laptop yang dipakai.”

Pekerjaan freelance merupakan tameng guna melancarkan kegiatan penyusupan via laptop perusahaan. Engineer ini diminta mengundur file yang telah disusupi malware untuk kemudian menyerang server Indodax.

“Tetapi bukan server utama, namun server [yang disusupi] terkena eksploitasi membuat malware perindah ke server lain,” papar dia.

Oscar memastikan bahwa serangan malware dan Dream Job segera teratasi usai penutupan akses server. Pemeliharaan sistem berlangsung selama 80 jam dan kasus kebocoran data.