Logo Bloomberg Technoz

China Uji Coba Rudal di Pasifik, Tingkatkan Ketegangan dengan AS

News
25 September 2024 14:00

Rudal balistik antarbenua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) China. (Sumber: Bloomberg)
Rudal balistik antarbenua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) dengan "hulu ledak tiruan" ke arah Samudra Pasifik. Langkah yang jarang terjadi ini berpotensi meningkatkan ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) serta sekutunya.

Militer China mengumumkan bahwa peluncuran oleh Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army/PLA) dilakukan pada pukul 08:44 pagi, Rabu (25/09/2024). Rudal tersebut jatuh di area yang telah ditentukan sebelumnya, meskipun lokasi pastinya tidak disebutkan. ICBM dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir ke target yang berjarak beberapa ribu mil.

"Uji coba ini merupakan bagian dari rencana pelatihan tahunan kami," kata Kementerian Pertahanan China dalam pernyataannya di media sosial. "Uji coba ini sesuai dengan hukum internasional dan praktik internasional, serta tidak ditujukan kepada negara atau target tertentu."

Uji coba ini dilakukan di tengah ketegangan yang terus berlanjut antara China dan Amerika Serikat, terutama terkait isu Taiwan. China ingin menguasai Taiwan, sementara Amerika Serikat berkomitmen melindungi pulau itu jika terjadi invasi.