Logo Bloomberg Technoz

Adapun saham bank lain juga jadi pendorong pelemahan IHSG, saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) drop 4,38% dan saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) juga terjebak di zona merah dengan penurunan 4,31%. Serta saham PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) drop 2,81%.

Saham Perbankan Melemah, Asing Net Sell

Mirae Asset Sekuritas Indonesia dalam riset terbaru bertajuk Mirae Asset Flash Focus memaparkan perihal penurunan harga saham bank yang amat deras siang ini, “Hari ini (25/9), saham perbankan besar dilanda aksi jual, jelas Mirae.

Sebab melemahnya juga ditengarai efek dari terjadinya perlambatan penyaluran kredit bulanan pada Agustus 2024, “Kemungkinan karena para pelaku usaha menanti pemangkasan suku bunga di Sep. Namun secara umum, permintaan kredit tetap kuat di tahun ini.

Hal ini diperkirakan karena aksi jual asing sehubungan dengan pelonggaran moneter yang dilakukan Bank Sentral China, yang mengupayakan perbaikan pertumbuhan ekonomi China.

Analis Mirae Asset melihat Net Sell asing ini hanya sementara dan dapat dimanfaatkan sebagai moment Buy on Dip di saham-saham perbankan. Dengan Mirae memberikan rekomendasi saham BMRI, BBCA, dan BRIS.

“Fundamental perbankan khususnya Big Banks tetap kuat, pertumbuhan yang positif dan momen penurunan suku bunga akan positif untuk bank,tegasnya.

Sementara indeks saham LQ45 yang berisikan saham-saham unggulan juga ikut melemah dan menetap di zona merah, dengan kehilangan 18,12 poin atau anjlok 1,84% ke posisi 967,28.

Saham-saham unggulan LQ45 yang juga bergerak pada teritori negatif dan menyeret IHSG di zona merah antara lain, saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) terjatuh 2,71%, saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) ambles 2,25%. Saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) drop 2,22%, dan saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) turun 2,21%.

Adapun sejumlah Bursa di Asia siang hari ini bergerak bervariasi. Indeks Kospi ambles 1,04%, indeks Strait Times Singapore turun 0,90%, indeks Nikkei 225 melemah 0,19%, indeks Shanghai terapresiasi 1,21%, dan indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,71%.

(fad)

No more pages