Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Dipastikan Segera Punya Menteri Penerimaan Negara

Redaksi
25 September 2024 11:52

Burhanuddin Abdullah, dalam acara UOB Economic Outlook (Tangkapan Layar Youtube)
Burhanuddin Abdullah, dalam acara UOB Economic Outlook (Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto dipastikan akan memiliki Menteri Penerimaan Negara untuk memimpin lembaga baru setara kementerian yang bertugas mengoleksi penerimaan negara, baik pajak, bea cukai, maupun penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Pelaksanaan tugas kementerian/lembaga (K/L) baru kemungkinan akan berlangsung pada Januari 2025, setelah melalui proses transisi pemisahan dengan Kementerian Keuangan.

Hal itu disampaikan oleh Burhanuddin Abdullah, Penasihat Ekonomi Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam acara UOB Economic Outlook 2025 di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

"Pertama yang akan diubah kelembagaannya adalah penerimaan negara, pisahan dari Kementerian Keuangan. Mudah-mudahan Inshallah akan ada menteri penerimaan negara yang akan mengurus pajak, cukai dan PNBP," ujar Burhanuddin.

Dia menjelaskan perubahan kelembagaan dilakukan untuk memastikan bahwa program-program strategis era pemerintahan baru bisa terlaksana dengan dukungan pendanaan yang mumpuni.