Logo Bloomberg Technoz

Alarm Bagi Empat Saham Bank Besar RI Saat Bunga The Fed Rendah

Muhammad Julian Fadli
25 September 2024 12:35

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga saham empat bank besar RI kompak melemah dan anjlok amat dalam turut menekan IHSG yang ambles 1% lebih hingga meninggalkan level 7.700. Hal tersebut ditengarai merupakan efek dari suku bunga The Fed yang akan lebih rendah di penghujung 2024.

Deretan pejabat The Fed terbaru makin menggemakan pernyataan kebijakan yang longgar, memberi sinyal gamblang Bank Sentral paling berpengaruh di dunia itu kemungkinan akan melanjutkan pemangkasan suku bunga acuan, masing-masing sebesar 25 bps dalam dua pertemuan tersisa tahun ini.

Di balik itu, bank-bank besar di kawasan Asia, termasuk empat bank besar RI kemungkinan akan merasakan tren pinjaman yang berubah, menurut para analis.

Pertumbuhan pinjaman mata uang Indonesia (Rupiah) tengah menghadapi potensi perlambatan di kala menipisnya likuiditas perbankan dalam negeri, seiring dengan meningkatnya ekspektasi bahwa pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve akan menarik kembali peminjam ke pasar dolar AS.

Pinjaman korporasi yang berdenominasi rupiah sejatinya tumbuh 15,7% secara tahunan pada Agustus, menurut data yang dirilis oleh Bank Sentral minggu ini, melansir Bloomberg News.