Logo Bloomberg Technoz

Para trader juga menyebut bahwa ada perlambatan permintaan di negara konsumen besar seperti Indonesia. Biasanya Indonesia mengimpor dalam jumlah yang lebih besar pada Idul Fitri, saat masyarakat pulang ke kampung halaman. Idul Fitri jatuh pada akhir pekan ini.

Konsumsi BBM Indonesia berada di kisaran 635.000 barel/hari bulan ini, menurut data Rystad Energy. Memang lebih rendah dibandingkan 2020 karena pandemi Covid-19, tetapi konsumsi BBM tahun ini 11.000 barel/hari lebih rendah dibandingkan 2019.

Secara umum, impor BBM di Asia Tenggara pada April lebih rendah 6% dibandingkan rata-rata 5 tahun terakhir, menurut data Kpler.

Sumber: Bloomberg

Di Singapura, hub minyak Asia, stok light distillate (termasuk BBM) saat ini berada di level tertinggi sejak 1995, menurut data pemerintah.

Namun, permintaan BBM di Eropa masih kuat dan diperkirakan tumbuh, menurut laporan Energy Aspect yang terbit bulan ini. Investor juga akan memantau angka konsumsi di Amerika Serikat (AS) selama musim panas, periode puncak konsumsi BBM.

(bbn)

No more pages