Logo Bloomberg Technoz

3 Proyek Asing di IKN Mulai Groundbreaking, Nilainya Rp950 M

Pramesti Regita Cindy
25 September 2024 12:30

Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). (Dok. PUPR)
Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan investasi asing di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Pertama, Jokowi melakukan groundbreaking untuk Australia Independent School (AIS) yang diketahui akan dibangun di atas lahan seluas 7.900 meter persegi dengan kesiapan menampung 750 siswa mulai dari jenjang preschool hinga ke high school (SMA). Adapun, nilai investasi yang dikucurkan senilai Rp150 miliar.

"Dan tadi sudah disampaikan bahwa fasilitasnya lengkap berstandar internasional, ruang belajarnya juga berstandar internasional," kata Jokowi dalam sambutannya.

Para pimpinan lembaga negara untuk mengunjungi beberapa infrastruktur penting di IKN. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain itu, sekolah ini akan dilengkapi beberapa fasilitas olahraga penunjang lainnya seperti; mini soccer, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan bulu tangkis, lapangan voli, kolam renang semiolimpiade, dan auditorium yang dapat menampung 250 orang.

"Kehadiran AIS Nusantara di IKN ini menunjukkan keseriusan komitmen kita untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung berkelas internasional di IKN, termasuk lembaga pendidikan internasional yang berkualitas dunia," ujar Jokowi.