Logo Bloomberg Technoz

Cara Maksimalkan Performa dan Masa Pakai Baterai

iOS 13 atau yang lebih baru Apple menghadirkan fitur Optimized Battery Charging dan telah “dirancang untuk mengurangi keausan pada baterai dan meningkatkan masa pakainya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan iPhone untuk terisi penuh.”

Optimized Battery Charging membuat iPhone dalam situasi tertentu menunda pengisian daya hingga 80%. Lewat machine learning, iPhone juga belajar pola  rutinitas pengisian daya harian pengguna.

Fitur Optimized Battery Charging hanya akan aktif saat iPhone Anda memperkirakan akan tersambung ke pengisi daya dalam waktu lama.

“Algoritma ini bertujuan untuk memastikan bahwa iPhone Anda masih terisi penuh saat dicabut,” papar perusahaan.

Akan muncul pemberitahuan kapan iPhone Anda akan terisi penuh pada Lock Screen. Pengguna dapat melanjutkan pengisian hingga terisi penuh lebih cepat, lewat membuka notifikasi dan tekan “Charge Now”.

Fitur Optimized Battery Charging diatur secara default pada iOS terbaru, namun pengguna dapat mengatur ulang pilihan pengisian daya (charge) di iPhone:

Pada iPhone 14: Buka menu Settings > Battery > Battery Health & Charging and turn off Optimized Battery Charging.

Pada iPhone 15: Pilih Optimized Battery Charging, 80% Limit, and None, masuk ke menu Settings > Battery > Charging Optimization and pilih salah satu.

(fik/wep)

No more pages