Logo Bloomberg Technoz

Prospek Saham MTEL & TOWR di Tengah Manuver EXCL-LINK

Sultan Ibnu Affan
25 September 2024 10:25

Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Analis menilai emiten menara telekomunikasi seperti PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) akan diuntungkan oleh aksi korporasi yang dilakukan PT Link Net Tbk (LINK) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Sebagaimana diketahui, EXCL akan mengambil alih layanan B2C yang dimiliki Link Net. Nilai transaksi dari pengalihan ini sebesar Rp1,87 triliun.

Pada saat bersamaan Link Net juga telah menandatangani perjanjian layanan induk dimana LINK setuju untuk memasang, mengintegrasikan, dan menyewakan jaringan HFC/FTTH dan/atau fasilitas kepada EXCL serta menyediakan layanan HFC/FTTH sesuai dengan spesifikasi teknis.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Niko Margaronis mengatakan, investasi pada jaringan milik Link Net justru akan menguntungkan bagi MTEL dan TOWR.

"Investasi itu membuka peluang bagi TOWR dan MTEL untuk memonetisasi pengembangan jaringan fiber optik sebagai aliran pendapatan baru," ujar Niko dalam risetnya, dikutip Rabu (25/9/2024).